Jumat, 09 Desember 2016

MANAJER DAN MANAJEMEN


A.      PENGERTIAN MANAJER
MANAJER adalah seorang anggota organisasi yang mengawassssi dan mengarahkan, memadukan, dan mengkoordinasikan pelerjaan-pekerjaan anggota organisasi yang lain.
B.      PENGERTIAN MANAJEMEN
1.    Manajemen menurut Seni : disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain. Intinya bagaimana cara memerintahkan pada orang          lain agar mau bekerja sama .
2.    Manajemen menurut Fungsi : suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat               dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain, walaupun kegiatan tersebut saling          berkaitan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.
3.     Manajemen menurut Proses : serangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapaian       suatu tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber-sumber yang tersedia.
        Secara umun pengertian Manajemen adalah  pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif                   dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya      organisasi.
C.      TINGKATAN MANAJER
1.       Manajer Lini pertama (LOW) adalah manajemen tingkat paling rendah dan seringkali disebut dengan penyedia.Dalam suatu perusaahan, manajerlini pertama disebut supervisor. Manajer ini memilikai tanggung jawab untuk  memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional.
2.       Manajer Tingkat Menengah (MIDDLE) merupakan tingkatan manajer sebagai penghubung antara Manajer Puncak ke Manajer Lini Pertama. Mencakup semua tingkat manajemen antara tingkat penyedia dan tingkat puncak pada organisasi tersebut. Mereka dapat menyandang nama seperti: kepala bagian, kepala unit, wakil ketua, manajer divisi.
3.       Manajer Puncak (TOP) merupakan posisi teratas dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan seluruh organisasi dan menetapkan kebijakan dan strategi yang mencakup seluruh organisasi itu. Orang-orang menyebutnya sebagai General Manajer, Presiden Direktur, CEO (Chief Executive Officer).
Related image
Gambar 1. Tingkatan Manajemen
Tingkatan manajemen akan membedakan fungsi manajemen yang dilaksanakan. Terdapat 2 fungsi manajemen , yaitu:
1.       Manajemen administrasi, merupakan fungsi manajemen yang berurusan dengan penetapan tujuan, perencanaan, penyusunan kepegawaian, dan pengawasan kegiatan yang terorganisir untuk mencapai tujuan tertentu.
2.       Manajemen operatif, merupakan fungsi manajemen yang terlibat dalam kegiatan memotivasi, mengawasi, melakukan komunikasi denga n para karyawan untuk mengarahkan mereka agar mencapai hasil yang efektif.
D.      FUNGSI MANAJEMEN
Pada awal abad ke-20 seorang industriawan Perancis yang bernama Henry Fayol mengusulkan bahwa semua manajer melaksanakan 5 fungsi manajemen, yaitu: merancang, mengorganisasikan, memerintah, mengkoordinasikan dan mengendalikan.
Pada pertengahan tahun 1950-1n, dua profesor UCLA memanfaatkan karya fayol tersebut  meringkas fungsi manajemen menjadi 4, yaitu Planning(perencanaan), Organizing(Mengorganisasikan), Actuating (Memimpin), Controlling (Mengendalikan).
1.       Fungsi Perencanaan (PLANNING)
Merupakan fungsi  yang menetapkan sasaran, merumuskan tujuan, menetapkan steategi, membuat strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan.
2.       Fungsi Pengorganisasian (ORGANIZING)
Merupakan fungsi yang menentukan apa yang perlu dilaksanankan, cara pelaksanaannya dan siapa yang melaksanakannya.
3.       Fungsi Pengarahan (ACTUATING)
Merupakan fungsi yang mengarahkan dan memotivasi semua pihak yang terlibat dan memecahkan segala konflik yang mungkinterjadi.
4.       Fungsi Pengawasan (CONTROLLING)
Merupakan  fungsi yang memantau kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan di selesaikan seperti yang direncanakan.
 Pada fungsi pengawasan, terdapat 4 unsur yang harus dilakukan, yaitu:
1.       Penetapan standar pelaksanaan
2.       Penentuan ukuran pelaksanaan
3.       Pengukuran pelaksanaan nyata dan membandingkannya dengan standar yang telah ditetapkan
4.       Pengambilan tindakan koreksi yang diperlukan bila pelaksanaan menyimpang dari standar
Image result for PIRAMIDA KETRAMPILAN MANAJER
Gambar2. Manajemen POAC
E.       KEGIATAN-KEGIATAN MANAJER
Berikut adalah tugas  penting yang dilakukan manajer, yaitu:
1.       Manajer memastikan dan merencanakan bahwa pelaksana bekerja sesuai tujuan/target.
2.       Owner (Manajemen) dan Karyawan selalu  bertentangan.
Manajer harus mampu menjaga hubungan harmonis antara Owner dengan Karyawan.
3.       Bertanggung jawab terhadap wewenang yang diberikan kepada dia dari atasannya, karena kesalahan bawahan adalah tanggung jawab atasan.
F.       PERAN-PERAN MANAJEMEN
Henry Mintzberg mengelompokkan perilaku manajer menjadi tiga peranan yaitu:
1.       Berkaitan dengan hubungan antar pribadi
a.       Pemimpin lambing
b.      Pemimpin
c.       Perantara
2.       Berkaitan dengan peranan informasional
a.       Pemantau
b.      Penyebar
c.       Juru bicara
3.       Berkaitan dengan pengambilan keputusan
a.       Wirausaha
b.      Pengendali gangguan
c.       Pengalokasi sumber daya
d.      Perunding
G.     KETRAMPILAN MANAJEMEN
Robert L.Katz menyebutkan bahwa manajer membutuhkan 4 ketrampilan yang hakiki, yaitu:
1.       Ketrampilan Konseptual (Conseptual Skills), merupakan kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
2.       Ketrampilan Manusiawi (Human Skills), merupakan kemampuan bekerja dengan anggota, memahami, dan memotivasi orang lain, baik sebagai individu maupun kelompok.
3.       Ketrampilan Teknis (Techinical Skills), merupakan kemampuan untuk menggunakan peralatan, prosedur, tekhnik, atau metode dari suatu bidang tertentu.
Image result for PIRAMIDA KETRAMPILAN MANAJER

                                                Gambar 3. Ketrampilan Manajerial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar